ail SERUNI ~ Jual Berbagai Macam Tanaman

SERUNI

Leave a Comment


Bunga Seruni atau petani lokal menyebutnya sebagai bunga krisan yang diadopsi dari nama latinnya Chrysanthemum indicum. Bunga krisantemum atau bunga seruni amat berkaitan dengan bunga daisy. Bunga ini sendiri berasal dari dataran cina, sedangkan dalam bahasa Yunani, arti dari krisanthemum sendiri adalah golden flower (bunga emas). Bunga krisanthemum Cina tersebut telah dikultivasikan sekitar 2,500 tahun sebelum diperkenalkan ke Eropa dan sekarang bunga seruni ini telah banyak ditanam di negara Barat dan Eropa


Pada abad ke empat, Jepang mulai membudidayakan Krisan, dan pada tahun 797 bunga Krisan mulai dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen Of The East.

 

Tanaman krisan dari Cina dan Jepang menyebar ke kawasan Eropa dan Perancis tahun 1795. Tahun 1808 Mr. Colvil dari Chelsea mengembangkan 8 varietas krisan di Inggris. Jenis atau varietas krisan modern diduga mulai ditemukan pada abad ke-17. Orang orang Perancis menyebutnya sebagai Chrysantheme yang identik dengan duka, ucapan belasungkawa dan kematian. Pada umumnya yang digunakan adalah Bunga Krisan berwarna putih, termasuk yang digunakan pada perayaan La Toussaint (All Saint).



Krisan masuk ke Indonesia pada tahun 1800. Sejak tahun 1940, krisan dikembangkan secara komersial. Tinggi tanaman krisanthemum ini bisa mencapai 2 sampai 6 inci (5-180 cm). Warnanyapun bervariasi seperti putih, merah-muda, oranye, merah, merah gelap, dan kuning. Sebagai bunga potong bunga seruni ini bisa bertahan sampai lebih dari 2 minggu. Seperti yang kita ketahui di Indonesia dan di negara negara tertentu di Asia bunga krisanthemum ini sering dicampur dengan air panas untuk diminum dan dipercayai bisa menyembuhkan demam, sakit tenggorokan dan influenza, dan minuman ini dikenal dengan nama “chrysanthemum tea” atau “teh kembang” kalau di Indonesia. Bunga krisanthemum atau disebut juga dengan julukan bunga musim gugur ini juga mengandung pyrenthrum suatu zat yang bisa membantu mengusir berbagai kutu dan sejenis hama lainnya, bunga seruni juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan urat nadi.

Salah satu daerah penghasil dan budidaya Bunga Krisan di Indonesia adalah dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji, kota Batu, Propinsi Jawa Timur. Bunga Krisan potong telah menjadi salah satu penunjang perekonomian masyarakat Desa Sidomulyo selain membudidayakan tanaman hias. Apabila anda berjalan-jalan disekitar Desa Sidomulyo yang merupakan budidaya tanaman Krisan, maka anda akan menjumpai banyak green house semacam ini :

green house warga

budidaya tanaman krisan
















Salah satu aktifitas masyarakat lokal adalah memanen Krisan, dipotong, kemudian ada yang dijadikan sebagai rangkaian bunga, dekorasi pernikahan, ucapan selamat, ataupun sebagai ucapan belasungkawa.







Bunga seruni dijadikan sebagai bunga kelahiran bulan November, dan menurut ilmu feng shui bunga seruni atau krisan ini dapat membawa kebahagiaan dan tawa di dalam keluarga. Bunga krisan juga mempunyai arti keceriaan, pesona, optimis, kelimpahan, keberuntungan, persahabatan dan cinta rahasia.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar